Blog Pribadi Ratna Hanafi

Segarnya Menyantap Puding Lumut Kelapa Muda Selasih di Siang Hari

Posting Komentar


puding kelapa muda selasih


Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya degan atau kelapa muda. Buah yang satu ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya paling nikmat dibikin es dan dinimum saat siang hari. Hwuaaah... Baru ngebayanginnya aja udah segar  banget. Jadi haus.

Eits, tapi kali ini kita akan menikmatinya dengan cara yang berbeda, yaitu dengan menyulapnya menjadi puding.  Bagaimana proses pembuatannya? Sebelum saya bocorin resepnya, kita bahas dulu kandungan nutrisi, manfaat, dan cara memilihnya.


Kandungan Nutrisi Buah Kelapa Muda

Memiliki nama latin cocos nucifera, buah yang satu ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Airnya mengandung 16 kalori dan 4,1 gr gula. Sedangkan daging buahnya mengandung 77 kalori, 1,4 gr protein, 3,6 gr lemak, 10 gr gula, 257 gr kalium, dan 6 mg vitamin C. Kelapa juga kaya akan mangan dan mineral yang berfungsi untuk metabolisme, penyembuhan luka, dan antioksidan.


3 Manfaat Daging Buah dan Airnya

Sebelum mengkonsumsinya, ada baiknya kita mengetahui manfaatnya terlebih dahulu. Daging buah dan air kelapa memiliki segudang manfaat, diantaranya :

1. Baik untuk Pencernaan

Daging buah kelapa mengandung serat tinggi, baik untuk pencernaan. Membuat kita merasa kenyang lebih lama dan melancarkan buang air besar. Kandungan senyawa MCT (Medium-chain triglyceride) dalam daging buah kelapa juga digadang-gadang berguna untuk menguatkan bakteri baik yang melindungi pencernaan dari peradangan dan sindrom metabolik.

2. Memenuhi asupan cairan tubuh

Kandungan isotonik alaminya menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga atau beraktivitas. Bisa juga untuk penderita diare untuk menghidrasi tubuh yang kehilangan cairan.

3. Meregenerasi sel-sel di dalam 

Air kelapa mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Seperti kita ketahui, antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel-sel di dalam tubuh. 


Cara Memilih Degan yang Bagus

Saat kalian membeli degan, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut :

1. Perhatikan kulitnya

Pilih yang kulitnya hijau muda dan memiliki serat berwarna cokelat. Hal itu menandakan bawha kelapa masih muda dan segar. Sangat enak dikonsumsi.

2. Ujung batok

Kelapa muda memiliki lingkaran di ujung batok yang tidak terlalu lebar. Sebaliknya, kelapa yang sudah tua, lingkaran di ujung batoknya lebih lebar.

3. Kandungan air di dalamnya

Kelapa muda isinya lebih banyak. Untuk mengeceknya, dekatkan ke telinga dan guncang-guncanglah. Jika terasa lemah suaranya atau bahkan tidak ada, itu artinya kelapa sudah tua.

4. Mengecek daging buah

Ambil kelapa, lalu tepuk-tepuklah kulitnya. Jika terasa membal dan bergetar itu artinya daging di dalamnya tipis dan mudah untuk disendoki. Jika getarannya kurang terasa, berarti sudah tua dan dagingnya tebal.


Resep Puding Lumut Kelapa Muda Selasih

Nah, setelah tahu kandungan nutrisi, manfaat dan cara memilih kelapa muda yang bagus, saatnya mengolahnya menjadi puding. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya, dan step by step cara membuatnya.

Bahan Puding Kelapa Muda  :

1 bks agar-agar plain (bebas pakai merk apa aja, di sini aku pakai agar-agar swallow)

800 ml air kelapa muda

100 gr daging kelapa muda

150 gr gula pasir atau sesuai selera

5 gr selasih (siram air panas, biarkan sampai mengembang)

Bahan Puding Lumut :

1 bks agar-agar plain

1 bks santan instan (aku pakai kara)

1 butir telur (kocok lepas)

200 gr gula pasir

20 gr sari daun pandan (kalau tidak ada daun pandan, bisa pakai pewarna hijau pandan)

1 bks vanilli

600 ml air matang

sejumput garam

Step by step :

  • Kita buat dulu Puding kelapa mudanya. Campur 1 bks agar-agar dengan gula pasir di dalam panci. Aduk-aduk sampai tercampur rata. 
  • Setelah agar-agar dan gula tercampur, tuang air kelapa muda. Aduk-aduk perlahan sampai gula dan agar-agar-agar larut dengan air kelapa muda. 
  • Nyalakan api sedang saja. Aduk-aduk hingga mendidih. Kemudian matikan api sambil terus diaduk-aduk hingga uap hilang. Masukkan daging kelapa dan biji selasih. Aduk-aduk hingga tercampur. Tuang sebagian bahan puding ke dalam cetakan. Tunggu hingga mengeras. Keluarkan dari cetakan, letakkan di wadah terpisah.
  • Setengah bagian yang masih di panci, diletakkan di atas panci besar berisi air panas. Nyalakan api kecil saja di atas kompor. Hal ini dilakukan untuk menjaga supaya agar-agar tidak mengeras selagi kita menyiapkan puding lumutnya.
  • Selanjutnya, masak bahan Puding lumutnya. Campur semua bahan, kecuali telur. Aduk-aduk sampai tercampur.
  • Masak di atas kompor dengan api sedang saja sambil terus diaduk-aduk sampai setengah matang.
  • Masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk-aduk terus sampai mendidih agar menghasilkan efek lumut yang halus. Matikan api sambil tetap diaduk-aduk sampai uap menghilang.
  • Tuang sedikit di dalam cetakan sebagai dasar. Tunggu sampai agak keras. 
  • Jika puding lumut sudah agak mengeras atau set, masukkan puding klamud yang sudah mengeras di atasnya. Lalu siram kembali dengan puding lumut yang masih tersisa sampai menutupi puding kelapa muda. Biarkan hingga mengeras.
  • Terakhir, tuang sebagian puding kelapa muda yang masih tersisa di atas puding lumut yang sudah mengeras. 
  • Diamkan beberapa saat sampai puding mengeras dan dingin. Simpan di dalam kulkas.
  • Puding siap disajikan 

Rasanya benar-benar segar loh. Apalagi kalau dinikmati saat siang hari. Bisa juga dijadikan suguhan untuk acara arisan atau menu buka puasa. Selamat menikmati.




Sumber refrensi kandungan nutrisi dan manfaat buah kelapa : alodokter, halodoc

Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar