Blog Pribadi Ratna Hanafi

Varian Baru Klepon Viral Ala-Ala

Posting Komentar


klepon

Gambar : Dokumen Pribadi

Belum lama ini sempat viral klepon bukan makanan islami. Tiba-tiba hari itu kolom berandaku dibanjiri postingan klepon. Bahkan di grup wa pun isinya tentang klepon. Aku yang suka banget klepon kaget dong. Maksudnya bukan jajanan islami tuh apa sih? Bikin penasaran. Separuh hatiku juga enggak terima, tapi aku enggak mau tersulut emosi dengan kabar-kabar miring soal si klepon. Kucaritaulah di semua media sosial yang aku punya dan google. Usut punya usut ketahuanlah penyebabnya, aku enggak akan sebutin. Cukup tahu aja yah.

Nah, tiba-tiba nih aku kepikiran untuk memadukan klepon dengan kurma. Trial error, penasaran gimana rasanya kalau klepon diisi kurma.

Intip-intip bahan di kulkas dan di dapur. Pas banget masih ada kurma sisa bulan puasa kemarin (Kalau enggak dieksekusi bisa sampai lebaran tahun depan 😅). Masih ok wujud dan rasanya. Ada madu juga. Aku selalu sedia madu walaupun seisi rumah enggak ada yang suka madu. Sediain untuk keperluan mendesak. Madunya madu murni yah gaes.

Sebelum eksekusi semua bahan, aku searching tutorial dan bahan-bahan klepon yang enak tanpa harus pakai kapur. Aku tuh trauma, karena waktu hamil pernah bikin klepon pakai kapur. Katanya sih enak, tapi jadinya malah fail. Secara aku enggak tahu cara pakainya. Makanya aku searching lagi resep klepon anti gagal tanpa pakai kapur. Ketemulah resep yang pas banget. Bener-bener anti gagal. Suamiku aja sampai ngabisin semua klepon buatanku. Aku cuma makan tiga butir (yang aku inget, yang enggak inget enggak tahu ada berapa butir. Hehe….). Mau tahu resepnya? Nih, aku kasih resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1 gelas belimbing tepung ketan

1 sdm tepung maizena

1 bks vanilli

Sejumput garam

Air hangat secukupnya

Daun pandan atau pewarna hijau pandan 

Air untuk merebus

 

Isian :

Kurma (kira-kira aja cukupnya berapa butir, terus potong kecil-kecil)

Cokelat batangan diparut

Madu

Campur semua bahan isian di atas. Kalau nggak ada madu & cokelat boleh pakai gula aren.

 

Topping :

Kelapa muda parut (beri sejumput garam, kukus hingga matang)

 

Step by step :

1.   Campur air hangat & pewarna (kalau pakai daun pandan, blender dulu daun pandannya, terus saring hasil blenderannya. Ambil airnya aja). Aduk-aduk sampai  pewarnanya larut dalam air.

2.  Campur tepung ketan, maizena, vanilli, & garam. Aduk-aduk sesuka hatimu aja nggak apa-apa. 

3.   Campur bahan-bahan tadi, terus masukin deh tuh si air pandan. Aduk-aduk sampai adonan kalis.

4.  Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu pipihkan, terus masukin deh tuh si kurma ke dalamnya. Bentuk lagi si adonan jadi bulatan-bulatan kecil. 

5.  Btw, selagi kamu bikin bulatan, panaskan air di panci. Jangan panasin hati orang yah.

6. Kalau sudah mendidih tinggal cemplungin deh adonannya, tunggu sampai pada mengapung.

7.   Kalau sudah mengapung, angkat, tiriskan. Guling-gulingin di kelapa parut.

8. Tata yang rapi di piring atau wadah lainnya. Foto-foto dulu, upload ke semua sosmed yang kalian punya.

9.    Kalau udah selesai diupload, jangan lupa dimakan.

Nah, itu tadi resep klepon kurma madu hasil kreasiku. Untuk isiannya kalian bisa kreasiin sendiri mau diisi apa. Diisi cokelat boleh, kacang juga boleh, atau yang lainnya sesuai selera. Tapi yang namanya klepon, tetap paling enak yang isi gula jawa. Rasanya lebih maknyus. Ini menurut aku loh. Selamat mencoba. Jangan lupa untuk berbagi yah.

Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email