Blog Pribadi Ratna Hanafi

5 Rekomendasi Mainan Kayu Lokal versi Ry's Journey

7 komentar

Anak-anak cenderung mudah bosan dengan permainan yang monoton, sementara orangtua mengalami kesulitan memberikan aktivitas bermain untuk anak. Ujung-ujungnya banyak orangtua yang memilih gadget sebagai teman bermain anak. Padahal di usia emas (golden age), anak-anak membutuhkan material bermain yang dapat menunjang tumbuh kembangnya. Di usia ini, anak-anak senang bereksplorasi dengan seluruh panca inderanya. Memberi gadget bukanlah hal yang tepat.

Mereka membutuhkan mainan yang dapat melatih keterampilan motorik kasar dan halusnya. Memilih mainan yang tepat sesuai usianya dapat  membantu anak dalam mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan kemampuan memecahkan masalah. Setiap orangtua tentunya berharap anak-anak mereka dapat melakukan aktivitas sehari-harinya dengan mandiri di kemudian hari. Beberapa mainan anak dapat melatih kemandirian yang akan berguna di kemudian hari ketika mereka tumbuh dewasa.

Sebagai orangtua, saya menyarankan pilihlah mainan yang terbuat dari kayu. Mengapa berbahan dasar kayu? Mainan berbahan dasar kayu cenderung tahan lama dan aman untuk anak. Selain itu juga ramah lingkungan. Material kayu mudah terurai oleh tanah. Berbeda dengan mainan berbahan dasar plastik. Materialnya mudah pecah dan sampahnya sulit diurai oleh tanah.

Nah, berikut ini ada beberapa mainan kayu yang memiliki kualitas yang baik dan menggunakan cat yang ramah anak. Desainnya yang unik dan menarik memiliki manfaat yang berbeda-beda. Mainan yang akan saya review berikut ini, adalah produk lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk import. Saya tidak akan menyebutkan semuanya, karena ada banyak sekali modelnya. Di sini saya hanya akan menyebutkan lima model mainan kayu. Simak reviewnya di bawah ini.

1.    Wire Games


Mainan Edukasi Anak By : Baabaashop Semarang

Wire games merupakan mainan edukasi yang dimainkan dengan cara memindahkan beberapa biji kayu melewati kawat yang berbentuk meliuk. Permainan ini dapat melatih koordinasi mata, melatih kelenturan tangan dan jari, serta kemampuan motorik halus anak. Biji kayunya yang memiliki beragam bentuk dan warna mampu menstimulus logika dan kemampuan berpikir anak dalam mengenal konsep warna dan bentuk.  

2.    Pasak Geometri Bertingkat

Mainan Edukasi Anak By : Baabaashop Semarang

Mainan ini memiliki bentuk, warna dan ukuran balok kayu yang berbeda-beda. Permainannya adalah dengan menyusun perkelompok sesuai warna, bentuk, dan ukuran. Manfaat dari permainan ini selain mengenalkan konsep bentuk dan warna, juga dapat mengenalkan konsep bahasa dengan menyebutkan lawan kata dari ukuran balok-balok kayu tersebut. Bisa juga melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah dengan konsep permainan tumblin tower, yaitu menyusun balok-balok kayu setinggi-tingginya.

3.    Balok Kayu

Mainan Edukasi Anak By : Baabaashop Semarang

Balok kayu memiliki model, bentuk, dan ukuran yang beragam. Anak-anak dapat berimajinasi dengan balok kayu yang beragam. Mereka dapat mengenal konsep bangun ruang dan mengasah kemampuan berpikir anak. Selain itu juga bisa membantu anak menentukan ide bangunan apa yang akan disusun oleh anak jika anak mengalami kesulitan untuk menentukan bangunan yang ingin dibentuknya. Dengan demikian, bonding antara orangtua dan anak pun semakin kuat.

 4.    Puzzle

Mainan Edukasi Anak By : Baabaashop Semarang


Mainan seru lainnya yaitu puzzle. Permainan yang pastinya sudah tidak asing lagi. Mainan ini dapat mengembangkan daya visual anak dan mengasah daya berpikirnya. Anak juga merasa tertantang untuk menemukan bentuk apa yang akan mereka lihat saat menyusun kepingan-kepingan puzzle.

 5.    Palu Bola

Mainan Edukasi Anak By : Baabaashop Semarang


Palu bola bisa dijadikan media terapi untuk anak-anak hiperaktif. Mereka dapat menyalurkan tenaga yang berlebih dan mengeluarkan emosi dengan cara yang positif. Anak-anak juga dapat mengenal konsep hubungan sebab-akibat saat bola dipukul dengan palu.

So, Pilihlah mainan yang sesuai untuk anak agar anak-anak dapat bermain dengan gembira. Maksimalkan tumbuh kembang anak di masa emas pertumbuhannya. Semoga review di atas dapat membantu moms dalam menentukan mainan apa yang tepat untuk tumbuh kembang anak.




Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

7 komentar

  1. Mainan kayu sangat baik dalam melatih kemampuan kreatifitas, motorik dan meningkatkan daya ingat anak. Dulu anakku yang pertama, Ifa suka sekali dengan mainan seperti ini. Affan juga suka sih. Suka mberantakin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kakak komentarnya. Rian sama kaya Affan. Cocok tuh mainan balok kayu yang bisa ditumpuk-tumpuk sampai tinggi terus jatuh berantakan. Sekedar saran aja sih. Hehe....

      Nggak mau ngeritik dari segi bahasa kak?

      Hapus
  2. Karena aku belum punya anak. Bermanfaat buat nanti kalau diberi karunia anak. aku bingung mau komen apa hehhee..

    BalasHapus
  3. Karena aku belum punya anak. Bermanfaat buat nanti kalau diberi karunia anak. aku bingung mau komen apa hehhee..

    BalasHapus
  4. Semoga Allah mudahkan pejuang dua garis biru untuk punya anak yang soleh/solehah

    BalasHapus
  5. Waaahhh... Bisa jadi ide mainan buat si kecil..Terimakasih ide dan tipsnya kak 😊

    BalasHapus
  6. Anakku dulu juga suka mainan kayu mba. Terutama yang balok kayu. Bisa dibikin macem-macem katanya hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar