Blog Pribadi Ratna Hanafi

Mengenal Tipe-Tipe dan Kategori Parfume

1 komentar

Bingung mau ngado apa untuk sahabat atau saudara yang ulang tahun? Nggak usah bingung, Moms and Dads bisa memilih parfume sebagai kado ulang tahun. Eits, tapi sebelum membeli parfume ada baiknya Moms and Dads kenali dulu tipe-tipe dan kategori parfume yang mau Moms and Dads beli. Jangan sampai salah pilih yah.

Ada banyak jenis parfume yang beredar di pasaran. Coba Moms and Dads perhatikan kemasan parfume. Beberapa parfume memberi label dengan tulisan parfume, eau de parfume, eau de toilette, eau de cologne, atau eau fraiche. Sebenarnya apa sih bedanya?

 Oil Parfume

Pewangi jenis ini memiliki tingkat aroma tertinggi, dengan kadar 20% sampai dengan 30% perfume oil. Aromanya kuat dan bisa bertahan sepanjang hari. ketahanannya inilah yang menjadi alasan parfum memiliki harga sangat mahal. Selain itu, parfume murni memiliki sifat seperti lipstick, yaitu dapat ditransfer kepada orang lain. Sebaiknya digunakan di titik-titik nadi.

2.       Eau de Parfum (EDP)

Parfume jenis ini umumnya mengandung 10% sampai dengan 20 persen kandungan perfume oil. Ketahanannya 6-8 jam di tubuh. Pewangi jenis ini paling umum dijual di pusat perbelanjaan. Kalau tidak percaya, cek label kemasan tiap-tiap parfume di pusat perbelanjaan tempat Moms and Dads biasa beli.

3.       Eau de Toilette (EDT)

Eau de toilette memiliki daya konsentrasi perfume oil yang lebih rendah. Biasannya pada 5% hingga 15% kandungan essential oil . Pewangi jenis ini hanya dapat bertahan hingga 3 jam.

4.       Eau de Cologne

Tipe parfume ini kadar senyawanya 2% sampai dengan 4% parfume oil dengan lebih banyak air dan alkohol. Konsentrasi perfume oil yang sangat ringan. Prosentase yang kecil ini tentunya berpengaruh dengan ketahanan dari parfume jenis ini. Parfum jenis ini hanya bertahan selama 2 jam sehingga tidak dapat dipakai untuk sepanjang hari.

5.       Eau Fraiche

Jenis parfume terakhir yang paling ringan di antara yang lain adalah Eau Fraiche. Hampir sama dengan eau de cologne, eau fraiche juga memiliki konsentrasi alcohol yang sangat rendah. Pada umumnya mengandung 1% hingga 3% perfume oil dan hanya bertahan kurang dari 1 jam. So, kalau pakai parfume jenis ini, Moms and Dads harus memakainya setiap satu jam sekali. Hihihi…

Selain tipe-tipe wewangian di atas, Moms and Dads juga harus tahu beberapa kategori parfume. Selama ini mungkin kita hanya tahu sebatas parfume saja, padahal ada kategori-kategori tertentu. Setiap orang belum tentu cocok dengan kategori parfume yang kita suka. 

  • Floral

Parfume kategori ini berhubungan dengan bunga. Parfume kategori ini banyak disukai oleh wanita karena nuansa klasik, romantis, dan feminin yang melekat pada parfume kategori ini. Biasanya mewakili satu rumpun bunga tertentu seperti rose atau lily.

  • Fruity

Dilihat dari namanya tentu parfume kategori ini berhubungan dengan buah-buahan. Aromanya cenderung manis, terkadang seperti aroma permen. Beberapa di antaranya aroma mangga, jeruk lemon, raspberi, dan apel.

  • Woody

Aroma kayu menjadi unsur utama dari parfume kategori woody. Terkesan natural dan bisa menghangatkan suasana. Terkadang aromanya seperti hutan basah dan segar. Cenderung seperti aroma pinus atau kayu cendana.

  • Oceanic Air

Wewangian kategori ini mewakili udara dan laut. Aromanya ringan cenderung segar. Menebarkan keharuman menyegarkan dan menyenangkan.

  • Gourmand

Wewangian jenis ini sangat lezat seperti makanan. Yang termasuk dalam kategori ini yaitu vanilla, kayu manis, madu, dan cokelat. Untuk aroma cokelat biasanya memberikan efek tenang dan rileks.

Setelah ini Moms and Dads pastinya enggak bingung lagi kan memilih parfume yang tepat. Kalau aku lebih suka Chic Baby Eau de Perfume ini. Parfum beraroma bayi karya anak bangsa, 100 % made in Indonesia. Aroma khas chic baby yang lembut dan menenangkan membuat mood menjadi lebih baik. Dapat digunakan dalam suasana apapun dengan wangi yang bisa bertahan hingga 8 jam. Kemasannya cukup ringkas dan menggunakan botol khas parfume yang fancy. Chic Baby ini juga sudah ada No BPOM : NA18190605989 dan bersertifikasi Halal MUI, isi : 40 ml. Semoga artikel ini bisa membantu Moms and Dads.





#ODOP

#Day18

Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

1 komentar

  1. Ternyata parfum ada jenis-jenisnya ya. Kirain eau de toilete itu pewangi toilet. Ternyata jenis parfum. Nice share, terutama parfum lokalnya

    BalasHapus

Posting Komentar