Blog Pribadi Ratna Hanafi

Perbedaan Susu Evaporasi dan Krim Kental Manis

Posting Komentar


Susu Evaporasi




Artikel sebelumnya saya memposting resep es Buko Pandan dari Filipina. Ada salah satu bahan dasar yang bikin saya penasaran, yaitu susu evaporasi. Selama ini saya hanya tahu susu UHT dan kental manis. 

Sebagai orang awam, saya kurang paham apa itu susu evaporasi. Saat membeli salah satu bahan untuk membuat buko pandan, saya hanya mengatakan kepada penjual toko bahan-bahan yang saya butuhkan. Kebetulan di toko tersebut ada susu evaporasi. Kemudian saya pun mulai mengeksekusi bahan-bahannya. 

Pertama kali membuka kaleng susu evaporasi, aromanya seperti susu Bear Brand Gold. Saya pikir, susu Bear Brand yah susu evaporasi. Kemudian, dalam satu kesempatan saya mengomentari postingan buko pandan teman saya di face book. Dia mengatakan tidak mendapatkan susu evaporasi. Lalu, saya sarankan untuk menggantinya dengan susu Bear Brand yang saat itu saya kira adalah susu evaporasi. 

Terkejutlah saya kemudian ketika teman saya yang lain berkomentar bahwa susu Bear Brand bukanlah susu evaporasi. Saya pun akhirnya mencari tahu apa sih sebenarnya susu evaporasi?

Sekilas susu evaporasi memiliki tekstur yang mirip seperti susu kental manis. Tekstur kedua jenis susu yang kental ini disebabkan oleh pemanasan. Pembuatan susu evaporasi dilakukan dengan merebus perlahan susu segar dengan api kecil. Susu segar direbus sampai 60 persen kandungan airnya menguap. Susu evaporasi menjadi susu yang lebih kental dan lembut setelah air menguap. Kemudian susu dihomogenisasi, disterilkan, dan dikemas. Susu evaporasi  tidak menambah rasa manis pada hidangan. Sangat cocok untuk membuat hidangan bertekstur krim seperti es Buko Pandan.

Proses pembuatan susu kental manis pun sama seperti susu evaporasi. Yang membedakan adalah pemberian gula untuk menghasilkan susu krim kental manis. Awalnya, kental manis disebut sebagai susu kental manis. Kandungan susu yang lebih rendah dibandingkan kandungan gulanya, maka saat ini susu kental manis disebut kental manis saja.

Baik susu kental manis maupun evaporasi tidak bisa saling menggantikan. Meski teksturnya sama, namun rasanya berbeda. Keduanya akan mempengaruhi rasa. Jika ingin menggunakan susu evaporasi untuk hidangan, harus dicairkan terlebih dahulu dengan air dan menambahkan gula.

Masa simpan susu kental manis dan evaporasi biasanya satu tahun. Itupun jika kemasannya belum dibuka. Setelah membuka kaleng susu, sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Baiknya digunakan tidak lebih dari lima hari setelah kemasan dibuka.


#ODOP

Bayar hutang #Day17


Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar