Blog Pribadi Ratna Hanafi

Tahu Cabai Garam, Lauk Akhir Bulan

Posting Komentar

Tahu cabai garam (sumber : resepkoki.id)


Sudah akhir bulan aja nih. Dompet sudah menipis. Mau makan bingung, uang warnanya tinggal yang warna cokelat, ungu, & hijau. Stok bahan makanan di kulkas tinggal tahu, dan cabai. Miris banget deh. Bumbu-bumbu lainnya masih komplit sih. Minyak goreng masih cukup. Beras masih ada, alhamdulillah. hehe... Biar tanggal tua, asal beras ada mah ayem. Tinggal perlaukannya aja. Hmm.... Enaknya dimasak apa yah bahan-bahan di kulkas?

Yuk Moms, kita eksekusi tahu dan cabai di kulkas. Bikin yang simpel, sederhana, tapi enggak biasa. Kalau biasanya hanya digoreng, kali ini kita sulap tahu menjadi makanan yang enak. Kita akan memasak tahu cabai garam. 

Bahan :

  • 1 bungkus tahu (biasanya isi 5)
  • 2 sdm maizena
  • 5 sdm tepung bumbu serbaguna
  • 3 buah cabai keriting atau sesuai selera (potong-potong kasar)
  • 5 buah cabai rawit atau sesuai selera (potong-potong kasar)
  • 3 siung bawang putih atau sesuai selera (cincang)
  • 2 batang daun bawang (potong-potong kasar untuk taburan akhir)
  • 1/2 sdt garam
  • Kaldu jamur secukupnya atau kaldu bubuk lainnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Memasak

  • Buat adonan kering tepung maizena dan tepung bumbu. 
  • Potong dadu tahu menjadi beberapa bagian. Jangan terlalu kecil yah Moms. Mentang-mentang akhir bulan. Hehehe....
  • Baluri tahu dengan adonan tepung kering.
  • Panaskan minyak goreng di atas penggorengan dengan api sedang saja.
  • Goreng tahu yang sudah dibaluri dengan tapung hingga kuning keemasan.
  • Jika tahu sudah kuning keemasan, angkat dan tiriskan
  • Selanjutnya goreng bawang hingga kuning keemasan. Angkat, dan tiriskan
  • Tumis cabai dengan sedikit minyak hingga agak layu.
  • Masukkan tahu, bawang goreng, beserta bumbu-bumbu lainnya. Tumis hingga semua tercampur rata. Tidak usah lama-lama, sebentar saja.
  • Jika sudah dirasa cukup, angkat lalu hidangkan di atas piring saji.
  • Taburi dengan daun bawang.
Tahu cabai garam siap dinikmati dengan nasi hangat. Selamat mencoba.


#ODOP
#Day21

Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar