Blog Pribadi Ratna Hanafi

Aplikasi Penunjang Usaha Online, Kamu Wajib Tahu!

5 komentar

Kamu baru merintis usaha online? Ketika kamu memutuskan untuk memulai usaha online, tentunya kamu harus tahu aplikasi apa saja yang bisa mendukung usaha online kamu. Aplikasi dan layanan yang tepat dapat membuat alur kerja menjadi lebih efektif dan efisien. Apalagi di era digital seperti sekarang ini. Sudah banyak sekali aplikasi pendukung yang sangat mudah untuk dioperasikan oleh para pelaku usaha.

Apa saja aplikasi wajib yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang usaha online kamu? Dari beberapa kuliah whatsapp kewirausahaan yang saya ikuti, dan refrensi penunjang lainnya.  saya merangkum beberapa hal penting yang dapat menunjang usaha online, salah satunya adalah pemanfaatan aplikasi online. Berikut ini lima aplikasi wajib yang bisa kamu download melalui app store untuk menunjang usaha online kamu. 

1. Canva

ratnahanafi.blogspot.com


Kamu pasti kenal aplikasi yang satu ini. Kalau belum kenal, sebaiknya mulai sekarang berkenalan dengan aplikasi ini. Canva merupakan salah satu app tools untuk desain grafis. Kamu bisa dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Penting banget untuk para pelaku usaha menggunakan aplikasi ini agar desain promosi produk makin kece. Download di app store sekarang juga yah.

2. Mobile Banking



ratnahanafi.blogspot.com


Mau jualan online kok enggak punya mobile banking, apa kata dunia peronlinean? Sebagai pengusaha online, aplikasi ini wajib sekali ada. Memangnya kalian mau waktu kalian terbuang hanya untuk mondar-mandir ke ATM atau bank hanya untuk ngecek transferan? Enggak kan? Pasang aplikasi mobile banking, agar kegiatan transaksi keuangan menjadi semakin mudah. Kamu juga bisa memantau kondisi keuangan tanpa harus ribet. 

3. Raja Ongkir


ratnahanafi.blogspot.com


Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek ongkos kirim. Dari sekian aplikasi yang ada, Raja Ongkir paling banyak dipakai oleh para pelaku usaha online. Saya sendiri masih kurang paham, tapi yang jelas aplikasi ini memudahkan untuk mengecek ongkos kirim dari berbagai ekspedisi. Hampir semua ekspedisi pengiriman tersedia di Raja Ongkir. Jadi kamu bisa langsung kasih jawaban ke konsumen berapa sih perkiraan ongkos kirimnya kalau pakai ekspedisi yang diminta konsumen?

4. Buku Warung



ratnahanafi.blogspot.com


Kamu kan usaha, pastinya harus ada catatan transaksi pembukuan. Kalau dahulu orang-orang mencatatnya secara manual, di era digital ini pembukuan bisa dicatat melalui aplikasi smartphone. Salah satu aplikasi pembukuan yang recomended adalah Buku Warung. Saya sudah mencobanya dan hasilnya memang lebih mudah digunakan. Ada fitur daftar laporan harian, mingguan, bulanan, bahkan catatan hutang piutang. Lengkap deh semuanya. Pastinya kamu lebih mudah untuk mengecek transaksi pembukuan kamu.

5. Sosial Media


ratnahanafi.blogspot.com


Ok. Point terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah sosial media. Mulai dari instagram, facebook, twitter, dan sebagainya. Saya yakin kamu semua sudah punya akun sosial media tersebut. Apakah sudah optimal memanfaatkannya? Kalau belum, yuk mulai sekarang dioptimalkan.

Jadi gimana? Sudah siap untuk usaha online? Mulai sekarang manfaatkan aplikasi-aplikasi penunjang yang ada untuk ajang promosi. Tingkatkan terus penjualan. Semoga dimudahkan segala urusan dan siap-siap closing.


#ODOP

#Day33

Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

5 komentar

  1. Makasih infonya, Kak..
    Yang nomer 1-3, & 5 saya juga pake..
    nomer 4nya baru tau..

    BalasHapus
  2. Di zaman sekarang dengan bantuan teknologi semua serba mudah ya

    BalasHapus
  3. aku baru tau untuk buku warung

    BalasHapus
  4. Dan setelah ku cek semuanya sudah terinstal di hpku mbaak...heheheh

    BalasHapus
  5. makaish infonya kak tapi ngga bisa instal hpku dah penuh

    BalasHapus

Posting Komentar