Blog Pribadi Ratna Hanafi

Kejar Cinta Sang Maha, Sebuah Proyek Nulis Buku Bareng Pejuang Literasi

Posting Komentar

Kisah inspiratif sejatinya cerita yang memuat kisah seseorang yang dapat menginspirasi, dan memotivasi pembaca. Entah itu kisah si penulisnya sendiri atau kisah orang lain yang ditulis oleh penulis.

Saya mencoba untuk menantang diri. Mengikuti kelas menulis dan mengikuti proyek Nulis Buku Bareng. Sebuah antologi kisah inspiratif yang bertemakan "Kejar Cinta Sang Maha".

Jujur saja saya tidak pernah percaya diri untuk menulis kisah hidup saya. Flash back ke belakang, saya merasa hidup saya biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Saya tidak punya prestasi di bidang akademik. Seorang cupu yang senang menyendiri.

Dari tema besarnya sebenarnya saya sudah punya gambaran arahan ceritanya mau ke mana. Hanya saja saya bingung bagaimana menuliskannya. Terikat oleh aturan baku PUEBI. Sementara tulisan saya selama ini jauh dari PUEBI. Saya lebih suka menulis tanpa terikat aturan baku. Menulis bebas lepas, yang penting nyaman. 

Sebenarnya ada dua proyek. Kisah inspiratif dan Cerpen Remaja Muslimah. Saya memilih keduanya. Sama halnya kisah inspiratif, Cerpen ini pun sudah ada gambaran arahannya mau ke mana. Akan tetapi saya bingung menulisnya. Mau mulai dari mana dulu? Mau pakai opening seperti apa agar pembaca penasaran dan ingin terus membacanya hingga akhir.

Lagi-lagi saya dihadapkan pada pilihan. Haruskah saya menyerah? Bahkan saya belum mencoba. Menyerah bukan sifat saya, meski terkadang ingin. Bagaimana pertanggungjawaban saya nanti. 

Sebagai pemula memang banyak sekali tantangan yang dihadapi. Mas Wijaya di kelas Materi Writerpreneur berpesan untuk terus berkarya. Seorang writerpreneur membangun personal  branding adalah dengan terus berkarya. Selanjutnya perluas jaringan.

Apapun itu, saya harus terus berkarya. Mulai aja dulu. Tanpa memulainya kita tidak akan pernah tahu hasilnya. Aku percaya aku bisa. Keep moving forward. Mohon dukungan & doanya yah teman-teman.


#ODOP

#Day39


Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar