Blog Pribadi Ratna Hanafi

Segarnya Acar Buah Mangga

2 komentar


sumber : kompasiana


Saya punya joke tentang buah mangga. Paling enak kalau berjalan di depan orang sunda, bilang punten dikasihnya mangga. Hehe... 

Pagi ini tetangga depan rumah saya memberi tiga buah mangga. Alhamdulillah. Mangganya besar-besar dan harum. Saya kurang paham jenisnya, yang jelas aromanya enak sekali. Kulitnya hijau, tapi dalamnya sudah matang.

Mangga adalah salah satu buah kesukaan saya. Selain rasanya yang manis, teksturnya juga juicy. Saya menyukai buah yang bertekstur juicy. Mangga juga mengandung serat prebiotik yang baik untuk pencernaan

Nutrisi yang terkandung di dalam buah mangga diantaranya yaitu Vitamin A, C, dan B. Buah mangga juga mengandung mineral seperti, besi, tembaga, kalium, selenium, mangan, fosfor, seng dan kalsium. Kandungan karbohidrat di dalam mangga juga tinggi.

Melihat kandungan nutrisi di atas, tentu saja buah mangga memiliki beragam manfaat. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin C yang terkandung di dalam buah mangga berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Mangga juga bagus untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium. Karbohidrat membantu meningkatkan energi. 

Ngomong-ngomomg buah mangga, Sewaktu hamil saya pernah membuat acar buah mangga. Kalau biasanya acar itu kan identik dengan buah timun, ternyata mangga juga bisa dijadikan acar. Kamu, pernah makan acar mangga? Rasanya segar loh.

sumber : ohmydish


Untuk membuat acar mangga dibutuhkan buah mangga yang masih mentah. Bahan-bahannya terdiri dari buah mangga mentah itu sendiri, cabai rawit, lemon, garam, gula dan air secukupnya. Takarannya dikira-kira sendiri yah, saya juga tidak memakai takaran yang pasti. Yang jelas butuh mood dan niat yang kuat untuk membuatnya. Hehe...

Mangga mentah tadi dicuci bersih, kupas kulitnya, kemudian potong-potong atau bisa juga diparut kasar memanjang menyerupai korek api. Beri sedikit garam untuk mengeluarkan kandungan air di dalam buah mangga. Setelahnya, dicuci bersih dan sisihkan. Smentara itu potong-potong atau diuleg kasar cabai rawit. Rebus air hingga mendidih. Masukkan cabai rawit, gula dan garam. Aduk-aduk hingga gula dan garam larut dalam air. Setelah itu, matikan kompor, angkat, dan tunggu hingga agak dingin. Jika sudah agak dingin atau suam-suam kuku, beri perasan air lemon, lalu tuang ke dalam mangkuk berisi potongan buah mangga. Masukkan ke dalam kulkas agar rasanya menjadi lebih segar dan nikmat. 


#ODOP

#Day36



Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

2 komentar

  1. Saya pernah makan acar mangga, tapi dibeliin sama saudara ... rasanya itu pedas, manis, dan asem menyatu, enakkk ... Terima kasih Mbak resepnya, nanti saya coba buat ^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silahkan dicoba. Biasanya acar pakai cuka, kalau ini air perasan lemon. Rasanya lebih segar.

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email