Blog Pribadi Ratna Hanafi

Segudang Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Posting Komentar



Rian anakku yang baru berusia 1,5 tahun suka sekali kucing dan ayam. Bulan Agustus lalu kami bertandang ke rumah rekan kerja ayah. Di sana Rian diajak melihat ayam di belakang rumahnya. Dia sangat antusias melihat begitu banyak ayam di sana. 

Saking senangnya, rekan kerja ayahpun memberikan sepasang ayam jantan dan betina. Jadilah kami memiliki hewan peliharaan di rumah. Aktivitas saya di rumah pun bertambah.

Awalnya saya tidak setuju memelihara ayam. Kalau ikan saya masih izinkan, tapi kalau hewan berbulu kurang setuju. Saya punya riwayat alergi dengan hewan berbulu. Beberapa kali berinteraksi dengan hewan berbulu, selalu batuk-batuk dan sesak nafas. Ini pun setiap kali saya berinteraksi dengan ayam, terutama jika di dekat kandangnya terlalu lama, rasanya sesak.

Saya izinkan ayah dan Rian memelihara ayam dengan berbagai pertimbangan. Ayah tertarik pelihara ayam karena alasan ekonomi. Perkembangbiakannya cepat dan mudah, nantinya bisa dijual lagi kalau sudah banyak. Kalau saya, lebih ke alasan ingin membangun empati Rian. 

Ada banyak sekali manfaat memiliki hewan peliharaan. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, manfaat ekonomi dan sosial. Selain itu, masih ada lagi manfaat lainnya. Apa sajakah itu?

Menumbuhkan Empati

Sadar atau tidak, memiliki hewan peliharaan secara tidak langsung dapat menumbuhkan empati. Saya pribadi saat kecil pernah memiliki peliharaan kucing dan kelinci. Setiap hari saya gendong, peluk, dan cium. Saya mandikan, beri makan, dan tidur bersama. Suatu kali kucing saya sakit, saya sedih. Saya bahkan sampai tidak mau berangkat sekolah demi ingin menunggu dan merawat kucing saya yang sakit. Ketika kucing saya mati, saya pun menangis. 

Rasa empati seperti itulah yang ingin saya tanamkan pada Rian. Peduli terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Baik manusia maupun hewan.

Melatih Tanggung Jawab

Sebelum mengiyakan keinginan ayah untuk memelihara ayam, saya katakan di awal ini tanggung jawab Ayah dan Rian. Ya, walaupun ujung-ujungnya tetap tanggung jawab saya juga. Saya hanya ingin membuat komitmen bersama saja, itu artinya tugas memberi makan, minum, dan membersihkan kandang bukan hanya tugas saya, tapi tugas semua anggota keluarga.

Rian selalu saya ajak saat memberi makan ayam-ayamnya. Setiap pagi kandang dibuka, dibersihkan. Siang dimasukkan kembali ke kandang. Sehari tiga kali diberi makan. Alhamdulillah, dengan cepat Rian belajar bertanggung jawab. Walaupun mungkin belum begitu paham, dan tentunya kerjanya berantakan karena usianya masih 1,5 tahun. Setidaknya, dia tahu dan tanggap terhadap tugas memelihara ayam.

Mengurangi Rasa Bosan

Jujur saja, saya bosan dengan kegiatan yang monoton di dalam rumah bersama Rian. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini. Pergi ke taman bermain atau hiburan sangat tidak mungkin dan beresiko. Memelihara ayam, atau hewan peliharaan lainnya dapat mengurangi rasa bosan kami.

Merangsang Perkembangan Motorik Anak

Memiliki hewan peliharaan di rumah, bisa merangsang perkembangan motorik anak. Otomatis seluruh anggota gerak anak akan aktif. Otot-otot kecil dan besarnya akan terlatih dengan baik. Mereka berlari, berteriak, menggenggam, melompat, dan sebagainya saat berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka. Itu pun yang terjadi pada Rian. Dia begitu antusias saat berlari mengejar ayam-ayamnya. Menggiring ayam-ayamnya ke kandang, membuka dan menutup pintu kandang dengan tangan kecilnya, mengaduk-aduk makanan ayam, dan sebagainya.

Melatih Keberanian

Rian seorang anak laki-laki, harus berani. Itulah yang saya dan ayah tanamkan pada diri RIan. Tetangga depan rumah saya memiliki ayam, sementara sebelah rumah memiliki anjing, dan ada kucing liar yang berkeliaran di sekitar rumah. Awalnya Rian takut dan menjaga jarak dengan semua binatang tersebut. Saya kuatkan hati saya agar Rian berani. Saya biarkan dia berinteraksi lebih dekat dengan hewan-hewan tersebut. Akhirnya Rian pun berani. Bahkan sekarang meskipun anjing tetangga menyalak, dia tidak takut.

Hidup Lebih Sehat

Memelihara hewan, diyakini dapat membuat kita lebih sehat. Memiliki hewan peliharaan di rumah dapat mengurangi stress, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko alergi, dan sebagainya. Meski demikian, tetap harus menjaga protokoler kesehatan agar manfaat kesehatannya didapat.
  • Membersihkan kandang dengan cairan desinfektan minimal dua hari sekali. Kalau saya setiap hari, di pagi dan terkadang di sore haripun saya bersihkan sebelum diberi makan. 
  • Cuci tangan setelah berinteraksi dengan hewan peliharaan. Saya selalu mengatakan kepada Rian untuk bercuci tangan pakai sabun selesai dari kandang. Alhamdulillah dia pun paham.
  • Cuci bersih peralatan makanan dan minuman hewan peliharaan
  • Bersihkan bulu-bulunya
  • Ada baiknya berganti pakaian setelah berinteraksi dengan hewan peliharaan 
Itulah beberapa manfaat memelihara hewan di rumah yang saya rasakan. Mungkin bisa dijadikan bahan refrensi mengenai manfaatnya, sebelum memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan di rumah. Semoga bermanfaat.



#ODOP
#Day25





Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar