Blog Pribadi Ratna Hanafi

Binahong, Kenali Manfaat dan Efek Sampingnya

Posting Komentar

 


Daun Binahong (Sumber Gambar : Merdeka.com)


Siapa yang tak kenal Binahong? Kamu? Sayang sekali. Tanaman yang dikenal sebagai obat herbal ini memiliki banyak sekali manfaat loh. 

Binahong dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Daun Binahong dipercaya dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit. Tumbuhan berbatang lunak, berwarna ungu, dan menjalar ini sudah banyak digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu. Orang-orang banyak memanfaatkan bagian daunnya yang berwarna hijau dan berbentuk hati.

Tanaman obat ini mampu tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Cara menanamnya pun mudah, cukup menancapkan bagian batangnya ke tanah, maka dengan sendirinya ia akan tumbuh.

Daun Binahong merupakan sumber fosfor dan kalium yang baik. Selain itu, daun tanaman ini juga mengandung protein tinggi. Secara keseluruhan, tanaman ini merupakan sumber zat besi, kalsium, vitamin C, dan vitamin A.

Salah satu manfaat dari daun Binahong adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Biasanya banyak dimanfaatkan oleh pasien pasca operasi, terutama operasi caesar. 

Selain itu, masih banyak lagi manfaat lainnya. Apa saja manfaat lain dari Binahong? Berikut penjelasannya.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun binahong memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tumbuklah daun binahong yang masih segar, kemudian tempelkan pada bagian luka. Sifat anti inflamasi yang ada pada daun binahong membantu meringankan memar yang memerah atau bahkan bengkak. Saya pribadi pernah menggunakannya untuk mengobati luka sayatan di jari saya akibat terkena pisau saat memasak. Kebetulan tanaman ini tumbuh subur di depan halaman rumah kami. Sewaktu-waktu butuh, tinggal petik saja.

2. Mengatasi Asam Urat

Asam urat termasuk penyakit yang menurut saya pribadi sulit untuk diobati. Banyak sekali pantangan makanan yang harus dihindari. Rutin mengkonsumsi air rebusan daun binahong dapat membantu menurunkan kadar purin dalam tubuh. Zat-zat yang terkandung di dalam Binahong dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah persendian.

3. Mencegah Kanker dan Penuaan Dini

Daun Binahong kaya akan anti oksidan pigmen karotenoid esensial seperti Betakaroten, zeaxanthin dan lutein. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas berbahaya yang dapat merusak sel-sel sehat dan menjadikannya sel kanker. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam binahong juga memberi manfaat pencegahan kanker.

Binahong juga kaya akan vitamin C. Seperti kita ketahui, vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Cara penggunaannya cukup dengan merebus daun binahong, kemudian tunggu hingga agak dingin atau suam-suam kuku, lalu gunakan untuk membasuh wajah. Bisa juga dengan menempelkan ke wajah daun yang sudah diremas-remas terlebih dahulu.

4. Mengobati Jerawat

Punya masalah dengan jerawat? Tidak perlu mahal-mahal untuk menyembuhkan jerawat. Cukup dengan daun Binahong, jerawat hilang, wajah jadi kinclong. Kandungan antibakteri yang terkandung di dalamnya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga kulit akan kembali mulus seperti sedia kala.

Caranya cukup dengan menumbuk 4-5 daun Binahong hingga halus. Oleskan ke area wajah yang berjerawat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Mencegah Diabetes

Kadar gula tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Cara mengendalikannya, selain mengatur pola makan, bisa juga dengan mengkonsumsi daun binahong.Hal ini dikarenakan Daun Binahong mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemik.

Bahkan daun binahong dikenal memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah secara optimal dan menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes mellitus. Caranya dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Meski memiliki banyak sekali manfaat, layaknya obat herbal lainnya, Binahong juga memiliki efek samping. Beberapa efek samping yang harus diwaspadi dari mengkonsumsi Binahong secara berlebihan yaitu, :

  • Memicu terjadinya stroke dan hipertensi
  • Dilarang dikonsumsi bersama zat stimulan seperti teh dan kopi
  • Tidak untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui
  • Penderita nyeri dada sebaiknya tidak mengonsumsi binahong

Kandungan efedrin dalam daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan  teh dan kopi. Pasalnya, konsumsi bersamaan tersebut dikhawatirkan bisa memicu pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia dan jantung berdebar. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi air rebusan daun binahong. 
#ODOP#Day57

Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email