Blog Pribadi Ratna Hanafi

Hipotensi atau Tensi Darah Rendah

Posting Komentar

Kepala saya lagi-lagi sakit. Rasa nyerinya berpindah-pindah. Terkadang terasa di bagian ubun-ubun, lalu tiba-tiba pindah ke kanan, ke kiri, ke belakang.

Tidak hanya itu, setiap kali membuka mata, rasanya mual. Saya pun sensitif terhadap cahaya. 

Saya mengalami hipotensi atau tensi darah rendah. Saya memang sedang datang bulan. Hampir setiap datang bulan saya mengalami hipotensi. 

Gejala hipotensi yang paling umum adalah sakit kepala, mual, muntah, tensi di bawah normal,  dan terkadang sampai pingsan. Hipotensi saya ini sudah sejak SMP. Awal ketahuannya saat saya mengikuti upacara pembukaan siswa baru. Tiba-tiba saya pingsan, lalu dibawa ke klinik. Tensi saya dicek dan ternyata rendah. 

Cara mengatasinya :

1. Tetap tenang. Tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah duduk atau berbaring. Posisikan kaki lebih tinggi dari jantung dan pertahankan posisi tersebut selama beberapa saat. Jika gejala tidak juga mereda, maka perlu dilakukan penanganan oleh dokter.

2. Jika punya anak kecil seperti saya,  serahkan dahulu urusan anak kepada suami atau orang lain di sekitar.

3. Makanlah makanan yang bergizi, istirahat cukup, & kurangi begadang.


#ODOP

#Day63

Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email