Blog Pribadi Ratna Hanafi

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Naga

Posting Komentar

 


Buah Naga Merah (Sumber Gambar : klik dokter)


Kepala saya pusing, pandangan berkunang-kunang, dan jalan sempoyongan selama tiga hari ini. Sudah jadi langganan setiap datang bulan seperti itu. Apalagi saya punya riwayat hipotensi atau tensi darah rendah. 

Datang bulan sering kali membuat saya merasa dehidrasi dan panas dalam. Minum air putih saja rasanya tidak cukup. 

Saya membayangkan memakan buah naga merah yang segar dan manis. Entah ada angin segar dari mana, pagi itu ibu mertua saya membeli buah naga di tukang sayur. Senang bukan kepalang hati saya. Langsung saja saya eksekusi. Hmmm.... Benar-benar segar dan manis. Tubuh pun terasa segar kembali.

Tahukah kalian bahwa buah naga, baik merah maupun putih, memiliki nutrisi dan manfaat yang cukup banyak. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah zat besi yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah. Itulah sebabnya tubuh saya terasa segar kembali setelah memakan satu porsi buah naga merah.

Seporsinya atau sekitar 100 gr buah naga mengandung 60 kalori. Buah ini juga tidak mengandung lemak. Cocok untuk yang sedang diet.

Buah naga memiliki bentuk dan rasa yang unik. Awalnya saya pikir buah naga tidak memiliki nilai gizi yang tinggi. Ternyata saya keliru. Buah naga kaya akan nutrisi dan memiliki manfaat yang beragam. Berikut penjelasannya :

1. Mengandung Kadar Cairan yang Cukup Tinggi

Buah naga mengandung cairan yang cukup tinggi. Hal ini memberikan sensasi segar saat memakannya. Kadar cairan yang cukup tinggi pada buah naga,  dapat mencegah dan mengurangi dehidrasi. 

Buah naga bisa dinikmati secara langsung atau dijadikan jus. Ada juga yang menjadikannya es buah. Tentu rasanya akan lebih segar dan nikmat.

2. Mengandung Vitamin C, B2, dan B3

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Kandungan Vitamin C pada buah naga juga berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen.  Selain itu juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi. 

Selain Vit. C, buah naga juga mengandung vitamin B2 dan B3. Keduanya berfungsi menjaga metabolisme tubuh dan memelihara kesehatan jaringan tubuh. Selain itu juga menurunkan resiko penyakit jantung, preeklampsia, migrein, dan menjaga kesehatan saraf tubuh.

3. Mengandung Zat Besi

Di dalam 100 gram buah naga, mengandung 1,9 miligram zat besi atau setara 11% dari total kebutuhan harian zat besi pada orang dewasa. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Tidak heran jika buah naga dapat membantu mengurangi resiko anemia atau kekurangan darah.

4. Mengandung Magnesium dan Kalsium

Buah naga ternyata mengandung magnesium dan kalsium loh. Magnesium dapat menurunkan risiko depresi, diabetes tipe 2, dan hipertensi, serta meringankan gejala migrein dan sindrom pramenstruasi. Selain itu juga mencegah dan meringankan keram otot, serta menjaga stamina tubuh. Sedangkan kalsium tentu saja untuk memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Mengandung Serat 

Wanita membutuhkan 25 gram serat per hari, sedangkan pria 38 gram serat per hari. Satu porsi buah naga mengandung 7 gram serat. Mengkonsumsi satu buah naga sehari cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Itulah beberapa kandungan nutrisi dan manfaat buah naga. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.


#ODOP
#Day65


Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email