Blog Pribadi Ratna Hanafi

Selain untuk Memasak, Inilah Manfaat Lain Serai

5 komentar


Serai (sumber gambar : Tribunnews.com)


Serai atau sereh merupakan bumbu dapur yang sering digunakan memasak oleh ibu-ibu. Aromanya khas dan harum dipercaya dapat menghilangkan bau amis pada masakan yang berbahan dasar ikan atau daging. 

Bumbu dapur ini ternyata juga termasuk jenis tanaman herbal loh. Serai mengandung anti oksidan yang tinggi. Sebatang serai juga mengandung berbagai macam vitamin yang berguna untuk tubuh serta mineral dan zat-zat penting lainnya seperti kalsium, magnesium, potasium, dan fosfor.

Sewaktu hamil, saya sering menggunakan air rebusan serai dan garam untuk mandi. Ayah Rian juga sering saya buatkan air rebusan serai untuk mandi. Mandi serai cukup dilakukan dengan merebus dua batang serai yang dimemarkan terlebih dahulu ditambah dengan sepucuk sendok teh garam. Saya biasanya menggunakan panci besar berukuran 5 liter. Air rebusan inilah yang kemudian dipakai untuk mandi. Mandi serai setelah menjalani aktivitas yang padat seharian tentu sangat nikmat. Rasanya semua lelah menjadi hilang dan tubuh terasa rileks. Selain menenangkan, mandi serai juga bisa mengurangi bau badan dan membuat kulit lebih halus.

Setelah mandi, paling nikmat menyeduh sebatang serai dan jahe. Boleh ditambahkan madu atau gula. Sensasi rasa hangatnya membuat tubuh rileks. Cukup memarkan sebatang serai dan jahe. Untuk jahe, setelah dimemarkan dibakar terlebih dahulu. Kemudian seduh dengan air panas. Diamkan beberapa saat, baru ditambahkan dengan madu. Jika tidak suka madu boleh dengan gula. Bisa juga ditambahkan irisan lemon.

Serai juga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Saya pernah menggunakan sebuah apel dan sebatang serai untuk eyangnya Rian saat tensi darahnya tinggi. Apel yang saya pakai adalah apel hijau. Poton-potong apel menjadi beberapa bagian, kemudian memarkan serai, lalu rebus dengan dua gelas air minum. Rebus hingga tersisa satu gelas. Tunggu hingga agak dingin baru diminum. Tidak perlu ditambahkan garam ataupun gula karena nanti khasiatnya akan hilang.

Serai juga bisa untuk mengusir nyamuk. Ini terbukti. Setiap kali masak di dapur, kaki saya selalu gatal-gatal karena nyamuk. Saya cukup memotong daun serai dan kemudian saya remas sedikit dan saya ikat. Letakkan saja di sudut-sudut dapur atau tempat kita memasak. Saya biasanya asal melemparkan di bawah. Nyamuk akan menyingkir dengan sendirinya.

Itulah beberapa manfaat serai. Kalian bisa mencobanya.


#ODOP

#Bayarhutangpostingan

#Telatposting

Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

5 komentar

Posting Komentar