Blog Pribadi Ratna Hanafi

Manfaat Air Rendaman Mentimun yang Harus Kamu Tahu

Posting Komentar




Gambar hanya ilustrasi (sumber : sehatq)


"Yang, kakiku dari kemarin rasanya sakit. Di bagian dengkul sini nih. Kayaknya asam uratku kambuh," Ucap ayah beberapa waktu lalu. Hampir setiap pulang kerja ayah minta dipijat kakinya. Sebenarnya saya agak takut ketika memijat kakinya. Asam urat bukan penyakit yang bisa hilang hanya dengan dipijat.

Belum lama kemarin, ayah mengirimkan video tiktok tips untuk penderita asam urat. Pemilik akun @nictaputra di dalam videonya yang berdurasi 28 detik itu, memberitahukan manfaat air rendaman mentimun dan cara membuatnya.

Saya membeli sebatang mentimun, kemudian memotongnya menjadi dua bagian. Satu bagian saya simpan di kulkas, sebagian lagi saya kupas kulitnya lalu saya potong menjadi lima bagian. Setelah itu saya masukkan ke dalam satu gelas besar air minum. Airnya yang adem yah, bukan air es ataupun air panas. Hal ini untuk menjaga kandungan gizi yang ada di dalam mentimun. Diamkan selama dua jam, setelah itu baru diminum sampai habis. Kalau sudah, timunnya boleh kok dimakan atau digunakan untuk masker. Tapi saran saya sih lebih baik dibuang, karena nilai gizinya audah berkurang.

Keesokan paginya ayah bilang lumayan enakan badannya setelah semalam meminum air rendaman timun. Saya buatkan lagi pagi dan sore. Sekarang sudah berjalan tiga hari. Menurut keterangan dari pemilik akun tiktok tersebut, lakukan selama dua minggu berturut-turut. 

Manfaat Lain Air Rendaman Mentimun

Selain untuk asam urat, air rendaman mentimun juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Melansir dari berbagai sumber, inilah manfaat dari air rendaman mentimun :

1. Menghidrasi Tubuh dan Menjaga Kesehatan Kulit

Tubuh yang kekurangan air akan mengalami dehidrasi. Meminum air rendaman mentimun, selain memberikan rasa pada air yang kita minum, juga dapat menghidrasi tubuh. Anti oksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat memperlambat kerusakan sel-sel di dalam tubuh, menjaga kulit tetap sehat. Hal ini dikarenakan mentimun mengandung vitamin C, beta karoten, manganese, molybdenum, dan beberapa antioksidan flavonoid.

2. Membuang Racun di dalam Tubuh

Timun bersifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Mengkonsumsi air mentimun, dapat membantu ginjal mendorong racun-racun, bakteri, dan zat hasil metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh keluar melalui urin. Proses ini juga dikenal sebagai detoksifikasi. Tubuh pun akan jadi lebih segar karena bersih dari berbagai racun dan zat berbahaya.

3. Mencegah Kanker
Kan ke d
Mengutip dari laman Hello Sehat, penelitian menunjukkan bahwa kukurbitasin dan senyawa lignan yang terdapat pada timun mampu melawan pertumbuhan sel kanker. Studi lain yang dilaksanakan oleh Robert H. Lurie Cancer Center di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa timun bisa membunuh berbagai jenis sel kanker, mengecilkan tumor, dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Kanker prostat juga bisa dilawan dengan senyawa flavonoid fisetin yang terkandung dalam timun.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Faktor yang mempengaruhi tekanan darah tinggi adalah konsumsi garam (sodium) yang berlebih dan kurangnya potassium. Garam yang berlebihan menyebabkan tubuhmu menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah. Potassium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah sodium yang ditahan oleh ginjal. Mentimun adalah sumber potassium yang baik yang dapat membantu menurunkan tekanan darahmu.

5. Mencegah Asam Urat

Mentimun juga dapat mengurangi kandungan kadar asam urat dalam tubuh. Air mentimun juga dapat menghilangkan kreatinin, asam urat dan juga limbah lain yang terkumpul dalam ginjal.

Itulah lima manfaat air rendaman mentimun. Bagi penderita tensi darah rendah,  berhati-hatilah. Sebaiknya tidak mengkonsumsi air rendaman mentimun. 


#ODOP
#Day58
Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email