Blog Pribadi Ratna Hanafi

Manfaat Buah Pepaya

2 komentar




Sumber gambar : alodokter

Sudah hampir seminggu saya konstipasi atau sulit buang air besar. Biasanya saya minum kopi hangat di pagi hari untuk melancarkan buang air besar. Tapi tidak untuk satu minggu ini. Bisa jadi penyebabnya karena kurang serat dan air putih. 

Suami saya menyarankan saya untuk makan pepaya. Saya pun membeli satu buah pepaya. Jujur saja, sebenarnya saya tidak suka pepaya. Saya tidak suka aromanya. 

Melansir dari harian kompas, dalam 152 gram pepaya mengandung 59 kilo kalori, 15 gram karbohidrat, dan 1 gr protein. Selain itu, di dalam satu buah pepaya, dengan ukuran yang sama, mampu memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan hitungan prosentase sebagai berikut :

  • 157 persen kebutuhan vitamin C per hari
  • 55 persen kebutuhan vitamin A per hari
  • 14 persen kebutuhan folat per hari
  • 11 persen kalium per hari

Pepaya juga mengandung kalsim, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, K, dan antioksidan karotenoid jenis likopen.

Buah pepaya yang masih muda, bisa diolah menjadi makanan. Dimasak sebagai sayur, atau dinikmati dalam bentuk keripik, atau untu campuran buah rujak juga bisa. Sedangkan buah yang sudah masak, bisa dimakan langsjng atau dijus. Tergantung selera.

Faktanya, buah pepaya ini punya segudang manfaat. Bukan hanya sebagai pelancar pencernaan saja loh. Yuk simak manfaatnya. Dikutip dari situs Alodokter inilah beberapa manfaat buah pepaya :

  • Menyehatkan mata. Pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kornea dan menghasilkan kelembapan yang cukup agar mata selalu terlumasi dengan baik.
  • Menyehatkan rambut dan kuku. Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah berwarna oranye ini bahkan bisa dijadikan masker rambut untuk menyuburkan rambut.
  • Menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Pepaya mengandung zat yang bernama likopen. Menurut penelitian, mengonsumsi likopen dapat memelihara kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan dari zat ini berperan dalam menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.
  • Memperlancar pencernaan. Tahukah Anda kenapa pepaya terkenal dapat melancarkan pencernaan? Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Menurut penelitian, mengonsumsi pepaya selama 40 hari diduga dapat menyembuhkan konstipasi dan perut kembung.
  • Kesehatan jantung. Pepaya yang mengandung vitamin C dan likopen bisa menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.
Itulah manfaat dari buah pepaya. Alhamdulillah, setelah mengkonsumsi buah pepaya perut saya terasa nyaman. Perut saya tidak kembung dan konstipasi hilang.



#ODOP
#Day70
Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

2 komentar

  1. Alhamdulillah suka sekali dengan buah pepaya dan khasiatnya memang sangat terasa untuk pencernaan. Terima kasih kak Ratna untuk ulasannya

    BalasHapus
  2. Kak Yonal I love U. Terima kasih sudah mampir di blog saya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email