Blog Pribadi Ratna Hanafi

Mengatasi Gangguan Tidur

2 komentar



Tema Desain Gambar : Storylight 



Pukul 00.45 WIB, masih belum ada tanda-tanda mengantuk. Mungkin efek kafein di tubuh saya belum hilang. Tadi sore saya meminum secangkir kopi untuk memulihkan energi. Memang tubuh saya terasa segar kembali setelahnya, tetapi saya malah tidak bisa tidur sampai larut malam.

Adakah yang mengalami hal yang sama seperti saya? Mengalami gangguan tidur karena sesuatu hal. Meski sudah memposisikan tubuh di tempat tidur, tetapi sulit untuk tidur. Entah karena kafein atau karena memikirkan sesuatu.

Gangguan tidur akan menjadi sangat menggangu ketika itu berlangsung lama dan terus menerus setiap hari. Meski berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari mendengarkan lagu, membaca buku, atau berolahraga ringan, akan tetapo gangguan tidur tetap saja datang. 

Meminum obat-obatan mungkin bisa membantu. Namun hal itu tidak baik untuk jangka panjang. Ada baiknya kenali penyebabnya agar dapat dengan mudah ditangani.

Penyebab gangguan tidur bisa berbeda-beda pasa setiap orang. Berikut beberapa penyebab gangguam tidur :

1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Alih-alih membuat tubuh segar, mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak kafein dapat membuat mata terjaga semalaman. Hal ini biasa terjadi pada mereka yang begadang tengah malam untuk suatu urusan pekerjaan. 

2. Insomnia

Sebagian orang mungkin pernah merasa sulit untuk tidur atau butuh waktu lama untuk bisa tertidur. Bisa dikarenakan adanya gangguan mental, pola tidur yang tidak baik, atau mengidap suatu penyakit. Tentu ini akan menyebabkan munculnya gejala sulit tidur.

3. Mimpi buruk

Adakah yang pernah bermimpi buruk kemudian takut untuk kembali tidur? Saya pernah mengalaminya. Alhasil saya terjaga semalaman dan baru tertidur menjelang pagi hari.

Lalu bagaimana cara mengatasi gangguan tidur? Berikut beberapa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Kurangi asupan kafein

2. Mengatur waktu tidur

3. Rutin berolahraga

4. Mengelola stress

5. Makan-makanan yang bergizi seimbang

6.  Sebaiknya jangan minum air putih terlalu banyak sebelum tidur

7.  Batasi penggunaan gadget menjelang tidur

8. Kurangi cemilan manis, perbanyak serat dan buah-buahan.

Itulah beberapa informasi mengenai gangguan tidur. Semoga dapat membantu.


#ODOP

#Day66


Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

2 komentar

  1. Betul mbak, saya pernah beberapa hari berturut-turut mimpi buruk, alhasil jadi takut tidur :(

    BalasHapus
  2. Kalau saya biasanya kebangun pada jam-jam tertentu, Mbak. Setiap hari begitu. Dan setelah itu nggak bisa tidur lagi :'(

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email