Blog Pribadi Ratna Hanafi

Resep Tempe Goreng Tepung Renyah

15 komentar




Sumber : Sajian Sedap



Ada yang tidak suka tempe goreng tepung? Saya yakin banyak yang suka. Apalagi kalau dimakan selagi masih hangat. Biasanya ditemani cabai rawit, jadi lebih nikmat.

Jika kita membeli tempe goreng tepung di tukang gorengen, biasanya teksturnya sangat renyah dan rasanya gurih. Coba kalau kita buat sendiri, sudah pasti berbeda jauh. 

Mereka punya trik untuk menjadikan tempe goreng tepungnya renyah dan gurih. Triknya yaitu dengan menggabungkan dua bahan tepung, yaitu tepung terigu dan tepung beras.

Jumlah takaran tepung berasnya jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak tepung beras, tempe goreng tepung justeru manjadi keras. Perbandingannya 75% tepung terigu, dan 25% tepung beras. Tambahkan juha baking powder double acting ke dalam adonan tepung.

Kekentalan adonan tepung juga menentukan. Tidak boleh terlalu kental dan tidak boleh terlalu encer. Nah loh, bingung kan. 

Adonan yang terlalu kental akan membuat tepung menjadi tebal dan sulit kering. Sementara adonan tepung yang terlalu encer justeru membuat tepung tidak bisa menempel. Cukup diingat-ingat saja, adonan tepungnya sedikit lebih encer dari tepung pisang goreng.

Selamat mencoba trik dari saya. Semoga berhasil membuat tempe goreng tepung renyah dan gurih.


#ODOP

#Day56


Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

15 komentar

  1. Saya tim tempe kriuk mbak, hehe, memang kalau terlalu encer justru tepungnya memisah ya mbak

    BalasHapus
  2. Baca artikelnya aja udah bikin lambung meronta-ronta, kudu di eksekusi nih... Kebayang banget kriuknya

    BalasHapus
  3. Wah. Makasih banyak, Kak artikelnya. Ibuk cuman pakai tepung beras waktu masak tempe goreng. 🙈

    Oh, ya. Ada satu typo, juga jadi juha, Kak. Semangat dan sukses selalu. 😊

    BalasHapus
  4. Bukan penikmat tempe goreng kalau beli gorengan..
    Tapi kayaknya boleh dicoba nih..

    BalasHapus
  5. Ayoh goreng ... tempe kriuk ...

    BalasHapus
  6. Wah, jadi ngiler baca tulisan ini. Cuss buat tempe kriuk-kriuk :D

    BalasHapus
  7. Saya kalo bikin tempe tepung dua jam kemudian udah melempem kwkw

    BalasHapus
  8. Saya dan keluarga suka banget kak Tempe hehe MaasyaAllah. Apalagi kalau dicocol saus petis dkk emmmm..... so nyummy

    BalasHapus
  9. Wah mantap ini harus dicoba. Aku suka banget tempe goreng!

    BalasHapus
  10. I got it. Jadi pengen coba deh. Ke pasar ah besok cari tempe, tepung terigu dan tepung beras ☺

    BalasHapus
  11. Andalanku tepung instan Mbak gara² enggak pernah berhasil bikin gorengan yang kriuk. Besok kucoba ah 🙂

    BalasHapus
  12. Baking powder double acting itu gimana ? Hehe baru denger

    BalasHapus
  13. Aku paling suka cocolannya sambal kecap. Duh enak banget inii

    BalasHapus
  14. Wah..jadi lapar liat gambarnya. Jadi pengen nyoba dirumahh

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email