Blog Pribadi Ratna Hanafi

Selain Memperlancar ASI, Inilah Manfaat Lain Air Ketumbar

Posting Komentar

 "Nduk, nanti setelah melahirkan rutin minum air ketumbar yah tiap pagi. Biar lancar ASInya dan nggak bau amis. Satu sendok teh aja rutin tiap pagi," ucap bude melalui gawai. 

Saya masih ingat pesan bude melalui gawai sekitar dua tahun yang lalu sebelum Rian lahir. Saat usia kandungan saya delapan bulan, saya membeli sebungkus ketumbar atau sekitar satu ons. Kemudian ibu mertua saya menyangrainya dan menempatkannya di botol kecil.

Pasca melahirkan, setiap pagi saya seduh satu sendok teh ketumbar di dalam gelas dengan air panas. Gelas kemudian ditutup, dan didiamkan sampai suam-suam kuku. Barulah saya saring & minum airnya. Rasanya seperti air putih biasa hanya saja beraroma wangi kerumbar.

Selain menghilangkan bau amis dan memperlancar ASI, air ketumbar memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut manfaat air ketumbar lainnya :

1. Mengatasi Masalah Persendian

Ketumbar memiliki sifat analgesik, meredakan rasa nyeri. Sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah nyeri pada persendian.

2. Mencegah Flu dan Batuk

Vitamin C yang terdapat pada ketumbar adalah antioksidan yang kuat dan sangat penting untuk tubuh. Meminum air rendaman ketumbar dapat meningkatkan sistem imun. Hal inilah yang membuat virus dan bakteri sulit menginfeksi tubuh manusia, termasuk virus dan bakteri penyebab flu dan batuk.

3. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Belum ada penelitian yang cukup mengenai cara kerja biji ketumbar. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan adanya sifat anti-lipid dan anti diabetes dalam ketumbar. Penelitian inilah yang menjadi dasar bahwa biji ketumbar dapat digunakan pada penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk memastikan efektivitas penggunaan biji ketumbar sebagai obat diabetes.


Ratna Hanafi
Hai! Saya Ratna Hanafi. Seorang istri dan ibu rumah tangga yang tertarik dengan dunia kepenulisan. Menulis adalah panggilan jiwa dan cara untuk hidup abadi.

Related Posts

Posting Komentar