Tentang Blog Pribadi Ratna Hanafi



I see your monsters

I see your pain

Tell me your problems

I'll chase them away


I'll be your lighthouse

I'll make it okay

When I see your monsters

I'll stand there so brave

And chase them all away


  • Katie Sky, Monster -


Lirik lagu di atas sangat cocok untuk menggambarkan diri saya saat ini. Ada innerchild yang sedang butuh pertolongan. Dan saya berusaha untuk menjadi lighthouse, memberikan uluran tangan, pelukan, dan kasih sayang untuknya. 


Dunia emak-emak itu, menurut saya pribadi, ternyata jauh lebih menakutkan dan keras daripada dunia perjomloan. Kenapa saya mengatakan demikian, karena nyatanya saya lebih sering terluka setelah menjadi emak-emak dibandingkan ketika masih jomlo. 


Saat masih jomlo, hanya satu tuntutannya, "Kapan nikah?" Tapi saya masih bisa bersikap acuh dan mengatakan " I don't care," Meski pertanyaan itu membuat saya terluka, tetapi saya masih bisa menikmati hidup.


Berbeda ketika sudah menjadi emak-emak. Ada banyak tuntutan yang membuat saya rapuh, dan mudah terluka. Kata-kata, "I don't care" seakan tidak mempan.


Mood saya naik turun dengan cepat dalam satu waktu. Terkadang saya merasa seperti punya kepribadian ganda. Sebentar happy, sebentar kemudian marah, sedih, dan kecewa. Sekarang menjadi malaikat, sebentar kemudian berubah menjadi monster.


Karena alasan inilah saya terjun ke dunia blogging. Alasan kesehatan mental yang utama.


Dengan menulis saya bisa membaca dan memahami perasaan saya. Menulis juga menjadi media katarsis, ketika tidak ada seorang pun yang bisa saya percayai untuk menjadi teman curhat.


Kenalan Yuk!!

Hai !! Terima Kasih sudah mau berkunjung ke blog saya. Di sini adalah tempat curhat dan berbagi. Sebelumnya, kenalan yuk!! 

Salam kenal. Nama lengkap Ratna Maysyaroh. Biasa dipanggil Nana. Semasa sekolah dan kuliah dulu, beberapa ada yang memanggil Nana, almost memanggil Ratna, tapi ada juga satu dua teman yang memanggil dengan nama May. 

Di media sosial memakai nama Ratna Hanafi. Nama belakang merupakan nasab, diambil dari nama Bapak, Mohammad Hanafi. Jadi, kalau kalian bersikeras mencari  di media sosial dengan nama Ratna Maysyaroh, bisa jadi kalian tidak akan menemukannya di sana.

Saya seorang ibu rumah tangga. Anak baru satu, namanya Adrian Radhika Kayana. Tidak memiliki hobi yang spesifik. Jadi jangan tanya hobi yah.

Saya anak kedua dari empat bersaudara yang lahir di Jakarta, 22 Mei 1989. Tumbuh besar di Purbalingga, kuliah di Purwokerto, dan setelah menikah berdomisili di Semarang.

Ada satu hal yang sejak kecil sampai sekarang membuat saya bingung untuk menjawabnya. Dan yang mendengar jawabannya pun mungkin akan menyesal bertanya tentang ini. Hehe...

Setiap kali ditanya,"Kamu aslinya mana?" 

Saya jawab,"Jadi begini. Bapak orang Jakarta, Mamah kelahiran Surabaya tapi tinggal di Jakarta sama bapak setelah menikah. Kakek-nenek (sebutan untuk orangtua bapak) orang  ambon tapi domisili di Jakarta, kalau eyang (sebutan untuk orangtua mama) orang Purbalingga.  Terus, saya Lahir di Jakarta, tapi besar dan sekolah di Purbalingga ikut eyang dan bude. Kuliahnya di Purwokerto. Nah, kira-kira kalau lihat silsilahnya, saya asli mana?" wkwkwk.... Nyesel kan nanya.

Itu dulu sih. Kalau sekarang jawabannya, orang Purbalingga yang berdomisili di Semarang. Sayangnya banyak orang yang tidak tahu Purbalingga. Muncul berbagai pertanyaan, "Itu nama kota atau desa yah? Di peta letaknya di sebelah mana? Emang ada kota Purbalingga"

Hmm... resiko warga Purbalingga. Memang umumnya orang tahunya Purwokerto. Mau itu tinggalnya di Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, orang tahunya yah Purwokerto. Kalau sebut kata Purwokerto sudah langsung paham, "Ooh... warga ngapak yah". Hehe.... Jadi  lebih sering jawab orang Purwokerto. 

Sebagai warga dari negeri republik ngapak, jujur saja logat bahasa saya tidak terlalu medok layaknya orang ngapak. Itu karena sejak kecil bahasa sehari-hari yang biasa dipakai  untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman adalah bahasa Indonesia. Maka jangan heran jika banyak yang meragukan kengapakanku alias tidak percaya kalau saya warga ngapak. Ngapurane ya (posisi sungkem).


page about


Awalnya Blog ini Dibuat

Blog ini awalnya berjudul "Ry's Journey", karena memang niat awal blog ini dibuat sebagai catatan perjalanan kehidupan anak saya mulai dari masih di dalam rahim sampai ia tumbuh dewasa. Warna temanya pink, nichenya seputar parenting. Ini adalah banner blog waktu pertama kali dibuat :

banner awal blog

Namun, seiring berjalannya waktu, ada begitu banyak hal menarik dalam kehidupan sehari-hari yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk itulah judul blog ini dirubah dengan nama pribadi. Warnanya pun menjadi putih dan hitam. Dan ini adalah banner yang sekarang :


page about


Alasan pemilihan warna hitam dan putih karena warna tersebut lebih terkesan minimalis, dan netral. Nichenya lifesyle atau blog gado-gado yang temanya umum. Saya ingin semua terekam dengan baik dalam bentuk kata.

Penjelasan Label Blog

1. Kuliner

Semua artikel yang berlabel kuliner, membahas tentang makanan dan minuman. Baik resep, maupun review yang berhubungan dengan keduanya.

2. Baca

Membahas tentang buku-buku yang dibaca. Kalian mencari review buku? Ada di label baca.

3. Nonton

Buat kalian yang suka nonton film, kalian cari artikel berlabel nonton ya. Insya Allah akan ada review-review seputar film yang aku tonton di sini. Baik dari dalam maupun luar negeri. 

 4. Jalan-Jalan

Ke mana kaki ini melangkah, ke label jalan-jalan lah artikel ini akan tertuju. Akan ada review seputar tempat wisata dan tempat-tempat menarik yang recomended untuk dikunjungi. 

5. Parenting

Materi seputar kepengasuhan dan pendidikan anak berlabel parenting. 

6. ODOP

Kalau ada label ini di artikel atau tulisan dalam blog ini, itu adalah label komunitas menulis yang saya ikuti. Kalian akan tahu, komunitas apakah ODOP di salah satu artikel berlabel ODOP. 

Last but Not Least

Menjadi seorang blogger memang tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras, konsistensi, dan keinginan untuk terus belajar. Semoga suatu saat blog ini akan terus berkembang dan semakin banyak orang yang membacanya. 

"Saya ingin hidup abadi lewat tulisan. Suatu saat saya mati, setidaknya masih ada jejak tulisan yang tersisa." 

Untuk email pribadi dan akun media sosial, kalian bisa main dan kepoin di sini :

Facebook: Ratna M. Hanafi
Twitter: @RatnaHanafi3
Instagram: @ratnahanafi

Email: ratnamaysaroh@yahoo.com

Selamat membaca dan semoga bermanfaat. Terima kasih.


Wassalamu'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh



With Love,



Ratna Hanafi